السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Memang yang namanya teknologi itu selalu berkembang, baik elektronik, gadget, maupun tunggangan. Semua vendor pada bidangnya masing masing selalu saling bersaing untuk mendapatkan hati konsumen, terutama konsumen indonesia yang terkenal dengan pangsa pasarnya yg menjanjikan bagi para pengusaha/investor, pada kesempatan kali ini insya allah ustadz akan sedikit menerangkan tentang kuda besi besutan pabrikan negri sakura ini dari beberapa sumber. Motor yang baru dilaunching oleh Astra Honda Motor (AHM) sekitar awal awal tahun 2013 kemarin ini katanya murah meriah namun bukan motor murahan , Ya benar, Honda Verza 150, entah bisa dikatakan downgrade atau malah upgrade dari honda new megapro yaaa bingung :D, berikut adalah gambar, spesifikasi, dan fiturnya :
Spesifikasi Honda Verza 150
Dimensi
Dimensi (P x L x T) | 2.056 x 742 x 1.054 mm |
Jarak sumbu Roda | 1.318 mm |
Jarak terendah ke tanah | 156 mm |
Berat kosong | 129 kg (Tipe CW & SW) |
Ketinggian Tempat Duduk | 773 mm |
Radius Putar Minimum | 2.000 mm |
Rangka
Rangka | Diamond Steel |
Suspensi depan | Teleskopik |
Suspensi belakang | Suspensi ganda |
Ukuran Ban depan | 80/100 – 17 M/C 46P (tipe CW tubeless & tipe Spoke tube) |
Ukuran Ban Belakang | 100/90 – 17 M/C 55P (tipe CW tubeless & tipe Spoke tube) |
Rem depan | Cakram hidrolik dengan piston ganda |
Rem belakang | Tromol |
Mesin
Tipe mesin | 4 Langkah SOHC, Silinder tunggal |
Sistem pendinginan | Pendinginan udara |
Diameter x langkah | 57,3 x 57,8 mm |
Volume langkah | 149,2 cc |
Perbandingan kompresi | 9,5 : 1 |
Daya maksimum | 9,72 kW (13,2 PS) / 8.500 rpm |
Torsi maksimum | 12,7 Nm (1,29 kgf.m) / 6.000 RPM |
Kopling | Manual, Multiplate Wet Clutch |
Starter | Starter kaki & starter elektrik |
Busi | NGK CPR9EA-9 |
Kapasitas
Kapasitas tangki bahan bakar | 12,2 liter |
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin | 1 liter pada penggantian periodik |
Transmisi | 5 kecepatan |
Pola pengoperan gigi | 1-N-2-3-4-5 |
Kelistrikan
Aki | 12 V – 3.5 Ah | ||||
Sistem pengapian | Full Transisterized |
Fitur Honda Verza 150
Berikut adalah beberapa fitur Honda Verza 150:- Desain sporti dan maskulin – penggunaan garis-garis striping menyatu dengan shroud sporti, desain lampu depan, velg racing dengan ban tubeless dan pijakan kaki belakang sistem gantung yang memperkuat kesan sporti dan modern.
- Sudut kemudi yang lebar (90°) membuatnya mampu bermanuver lincah di setiap kondisi jalan.
- Sistem suspensi ganda yang kuat dan tangguh (heavy duty twin suspension) pada bagian belakang.
- Magnetic Key Shutter – pengaman kunci kontak bermagnet (magnetic key shutter) yang efektif mengurangi resiko pencurian motor.
- Bank Angle Sensor – sensor rebah yang melindungi pengendara pada saat terjatuh (mesin akan mati secara otomatis ketika sepeda motor berada pada sudut kemiringan 60° atau lebih.
- Sprocket Chain Stopper – fitur pengaman rantai yang menjaga agar roda tidak terkunci pada saat rantai terlepas dari gear.
Motor ini juga memiliki konsumsi bahan bakar terhemat di kelasnya, yaitu 48 km/liter (metode ECE R40).
Seperti yang antum baca diatas, dengan sekian banyaknya fitur yang ditawarkan Honda Verza, motor ini hanya dibanderol dengan harga Rp.16,050,000,- (Versi Spoke Wheel) dan Rp.16,900,000,- (Versi Cast Wheel) masyaa allah, segitu murahnya kah ??? ditengah persaingan pasar motor kelas middle sport yang ketat, honda mampu mengeluarkan produk dgn harga terjangkau , namun dengan teknologi apik, apalagi sudah Programed Fuel Injection (PGM-FI) yang mendukung program euro 3 , kendaraan ramah lingkungan, yaa cocok lah bagi penggemar motor "batangan" yang lagi nyari motor yg cocok untuk kendaraan "yaumiyyah" (kayak ane :D) . Namun terlepas dari kelebihannya, Honda Verza ini juga memiliki beberapa kekurangan yang banyak mendapat kritikan dari konsumen, berikut adalah beberapa kekurangannya :
- Suspensi Belakang yang masih menggunakan suspensi ganda (Double Shock) , padahal seharusnya sudah menggunakan Mono Shock , melihat kebanyakan motor sport sudah menggunakannya , bahkan kakaknya Verza sendiri (Honda New Megapro) sudah menggunakannya juga
- Sistem Pengereman belakang yang masih menggunakan Tromol , tidak seperti New Megapro yang sudah menggunakan Cakram (Disk Brake) Jadi terlihat seperti mengikuti Megapro versi lama
- Tidak adanya Takometer pada panel control, jadi pada panel hanya terdapat speedometer, odometer, fuelmeter dan panel2 kecil lainnya
- Pada bagian Rangka (Chasis) Depan motor sambungan las rangka terlihat jelas, sehingga memberikan kesan tidak sedap dipandang mata
- Pada model Spoke Wheel (SW) , tangki terlihat kurang keren dan agak menonjol,sedangkan yang Cast Wheel (CW) terlihat lebih spoti, ini merupakan salah satu perbedaan antara versi SW dan CW
Sumber : www.hondacengkareng.com , dapurpacu.com , otomotifnet.com , tmcblog
ScreenShoot Honda Verza 150 :
nb ; mohon maaf apabila ada kesalahan baik dalam penulisan , materi maupun nama sumber web artikel ini berasal, mohon kritik dan sarannya.
berkualitas tapi nda murahan..
ReplyDelete