Wednesday, March 13, 2013

Honda Verza 150

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Memang yang namanya teknologi itu selalu berkembang, baik elektronik, gadget, maupun tunggangan. Semua vendor pada bidangnya masing masing selalu saling bersaing untuk mendapatkan hati konsumen, terutama konsumen indonesia yang terkenal dengan pangsa pasarnya yg menjanjikan bagi para pengusaha/investor, pada kesempatan kali ini insya allah ustadz akan sedikit menerangkan tentang kuda besi besutan pabrikan negri sakura ini dari beberapa sumber. Motor yang baru dilaunching oleh Astra Honda Motor (AHM) sekitar awal awal tahun 2013 kemarin ini  katanya murah meriah namun bukan motor murahan , Ya benar, Honda Verza 150, entah bisa dikatakan downgrade atau malah upgrade dari honda new megapro yaaa bingung :D, berikut adalah gambar, spesifikasi, dan fiturnya :


Spesifikasi Honda Verza 150

Dimensi

Dimensi (P x L x T) 2.056 x 742 x 1.054 mm
Jarak sumbu Roda 1.318 mm
Jarak terendah ke tanah 156 mm
Berat kosong 129 kg (Tipe CW & SW)
Ketinggian Tempat Duduk 773 mm
Radius Putar Minimum 2.000 mm

Rangka

Rangka Diamond Steel
Suspensi depan Teleskopik
Suspensi belakang Suspensi ganda
Ukuran Ban depan 80/100 – 17 M/C 46P (tipe CW tubeless & tipe Spoke tube)
Ukuran Ban Belakang 100/90 – 17 M/C 55P (tipe CW tubeless & tipe Spoke tube)
Rem depan Cakram hidrolik dengan piston ganda
Rem belakang Tromol

Mesin

Tipe mesin 4 Langkah SOHC, Silinder tunggal
Sistem pendinginan Pendinginan udara
Diameter x langkah 57,3 x 57,8 mm
Volume langkah 149,2 cc
Perbandingan kompresi 9,5 : 1
Daya maksimum 9,72 kW (13,2 PS) / 8.500 rpm
Torsi maksimum 12,7 Nm (1,29 kgf.m) / 6.000 RPM
Kopling Manual, Multiplate Wet Clutch
Starter Starter kaki & starter elektrik
Busi NGK CPR9EA-9

Kapasitas

Kapasitas tangki bahan bakar 12,2 liter
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin 1 liter pada penggantian periodik
Transmisi 5 kecepatan
Pola pengoperan gigi 1-N-2-3-4-5

Kelistrikan

Aki 12 V – 3.5 Ah
Sistem pengapian Full Transisterized




Fitur Honda Verza 150

Berikut adalah beberapa fitur Honda Verza 150:
  • Desain sporti dan maskulin – penggunaan garis-garis striping menyatu dengan shroud sporti, desain lampu depan, velg racing dengan ban tubeless dan pijakan kaki belakang sistem gantung yang memperkuat kesan sporti dan modern.
  • Sudut kemudi yang lebar (90°) membuatnya mampu bermanuver lincah di setiap kondisi jalan.
  • Sistem suspensi ganda yang kuat dan tangguh (heavy duty twin suspension) pada bagian belakang.
  • Magnetic Key Shutter – pengaman kunci kontak bermagnet (magnetic key shutter) yang efektif mengurangi resiko pencurian motor.
  • Bank Angle Sensor – sensor rebah yang melindungi pengendara pada saat terjatuh (mesin akan mati secara otomatis ketika sepeda motor berada pada sudut kemiringan 60° atau lebih.
  • Sprocket Chain Stopper – fitur pengaman rantai yang menjaga agar roda tidak terkunci pada saat rantai terlepas dari gear.
Honda Verza 150 dibekali dengan mesin 150cc, 4 langkah, SOHC, Silinder tunggal dan 5 kecepatan yang telah menerapkan sistem suplai bahan bakar PGM-FI (Programmed Fuel Injection). Dengan mesin tersebut, Honda Verza 150 dapat mencapai kecepatan maksimum 110 km/jam akselerasi 11,5 detik untuk menempuh jarak 0-200 meter.
Motor ini juga memiliki konsumsi bahan bakar terhemat di kelasnya, yaitu 48 km/liter (metode ECE R40).


 Seperti yang antum baca diatas, dengan sekian banyaknya fitur yang ditawarkan Honda Verza, motor ini hanya dibanderol dengan harga Rp.16,050,000,- (Versi Spoke Wheel) dan Rp.16,900,000,- (Versi Cast Wheel) masyaa allah, segitu murahnya kah ??? ditengah persaingan pasar motor kelas middle sport yang ketat, honda mampu mengeluarkan produk dgn harga terjangkau , namun dengan teknologi apik, apalagi sudah Programed Fuel Injection (PGM-FI) yang mendukung program euro 3 , kendaraan ramah lingkungan, yaa cocok lah bagi penggemar motor "batangan" yang lagi nyari motor yg cocok untuk kendaraan "yaumiyyah" (kayak ane :D) . Namun terlepas dari kelebihannya, Honda Verza ini juga memiliki beberapa kekurangan yang banyak mendapat kritikan dari konsumen,  berikut adalah beberapa kekurangannya :

  • Suspensi Belakang yang masih menggunakan suspensi ganda (Double Shock) , padahal seharusnya sudah menggunakan Mono Shock , melihat kebanyakan motor sport sudah menggunakannya , bahkan kakaknya Verza sendiri (Honda New Megapro) sudah menggunakannya juga
  • Sistem Pengereman belakang yang masih menggunakan Tromol , tidak seperti New Megapro yang sudah menggunakan Cakram (Disk Brake) Jadi terlihat seperti mengikuti Megapro versi lama
  • Tidak adanya Takometer pada panel control, jadi pada panel hanya terdapat speedometer, odometer, fuelmeter dan panel2 kecil lainnya
  • Pada bagian Rangka (Chasis) Depan motor sambungan las rangka terlihat jelas, sehingga memberikan kesan tidak sedap dipandang mata
  • Pada model Spoke Wheel (SW) , tangki terlihat kurang keren dan agak menonjol,sedangkan yang Cast Wheel (CW) terlihat lebih spoti, ini merupakan salah satu perbedaan antara versi SW dan CW 
 Nah itu tadi beberapa keterangan dari Honda Verza, baik spesifikasi, kelebihan dan kekurangannya , mudah mudahan bermanfaat bagi antum antum yang lagi nyari motor baru buat kuliah, ataupun kerja, Honda Verza Patut dipertimbangkan untuk jadi pilihan, apapun kendaraan yang kita miliki, mudah mudahan menuai keberkahan dari Allah Tabaaroka wa ta'aalaa, mempermudah aktivitas dan dapat mengantarkan pengendaranya sampai ke tujuan,  amiiin ........

Sumber : www.hondacengkareng.com  ,  dapurpacu.com  ,   otomotifnet.com  ,   tmcblog


ScreenShoot Honda Verza 150 :









nb ; mohon maaf apabila ada kesalahan baik dalam penulisan , materi maupun nama sumber web artikel ini berasal, mohon kritik dan sarannya.

1 comment: